Bahasa Bergerak, Bergerak dari Bali

Bahasa Bergerak adalah upaya dalam mendukung masyarakat inklusif antara masyarakat Dengar dan masyarakat Tuli di Bali. Gerakan ini diinisiasi oleh beberapa relawan dari Bali Deaf Community, bekerjasama dengan Bali Deaf Community, Gerkatin dan Trax Video Bali.

Bahasa Bergerak memulai gerakannya melalui penggalangan dana lewat platform Kita Bisa yang direncanakan akan berlangsung hingga 10 Mei 2016. Hasil dari penggalangan dana akan disalurkan dalam bentuk buku ajar Bahasa Isyarat Indonesia yang digunakan oleh masyarakat Tuli maupun masyarakat Dengar di Bali. Selain itu, juga akan dibuat dalam bentuk video ajar yang dapat diakses oleh berbagai kalangan baik di Bali maupun di luar Bali.

Gerakan ini diawali oleh kesadaran bahasa sebagai alat yang penting bukan hanya dalam komunikasi namun juga penguasaan ilmu pengetahuan. Bahasa Bergerak melihat murid-murid yang selama ini ingin menggunakan maupun mempelajari Bahasa Isyarat masih mengalami banyak kendala. Pertama, Bahasa Isyarat Indonesia sebagai ‘bahasa ibu’ masyarakat Tuli belum dapat dipergunakan di tempat-tempat formal seperti sekolah maupun pelayanan umum karena belum ada standar yang baku. Kedua, pada Sekolah Luar Biasa (SLB) yang biasa digunakan adalah Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) yang dibuat oleh pemerintah untuk mengakomodir kebutuhan Bahasa Isyarat. Akan tetapi, dalam proses pembuatannya tidak melibatkan masyarakat Tuli sebagai pengguna bahasa tersebut.

Maka, sudah saatnya untuk Bahasa Isyarat Indonesia bergerak. Kami memulainya dari pembuatan buku ajar dan video ajar. Melalui pembuatan buku maupun video ajar diharapkan akan menjadi jembatan antara minat belajar Bahasa Isyarat yang sedang tumbuh di Bali dengan kebutuhan penerjemah Bahasa Isyarat baru. Tahapan pertama saat dana telah terkumpul adalah komunitas Tuli yang ada di Bali akan berkumpul dan menyepakati beberapa hal mendasar dalam Bahasa Isyarat Indonesia untuk kemudian dituangkan dalam bentuk buku maupun video.

CcmX4kzUUAA6f6o

Bahasa Bergerak sebagai sebuah gerakan juga dapat ditemui melalui media sosial, baik di Instagram @BahasaBergerak maupun di Twitter @BahasaBergerak. Netizen dapat membantu kampanye gerakan ini dengan menyebarkan tautan pada platform KitaBisa yaitu kitabisa.com/bahasabergerak, menggunakan tanda pagar #BahasaBergerak dan tentunya dengan berdonasi mulai dari 20.000,00. Bagi Netizen di Bali yang ingin mempelajari Bahasa Isyarat Indonesia juga dapat menghubungi @balideafcomm di Twitter maupun di Instagram.

Setiap dari Anda mungkin tidak bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dalam sekejap saja, tapi Anda dapat mengubah dunia Teman Tuli menjadi lebih luas dan tanpa batasan dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari. Bila pengetahuan adalah kekuatan dan informasi merupakan pembebasan, maka pendidikan adalah kemajuan. Mari maju bersama-sama dalam dunia yang inklusif mulai dari Pulau Bali.

(Sebelumnya juga dimuat dalam http://balebengong.net/kabar-anyar/2016/04/10/bahasa-bergerak-bergerak-dari-bali.html )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s