Lumina

Kemarin siang saya dan sahabat saya, Ari Kesuma Dewi atau Ari Bathilda mengunjungi Lumina di kawasan Renon, Denpasar. Lumina adalah sebuah klinik untuk terapi pendengaran yang beberapa tahun belakangan juga membuka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk anak-anak Tuli. Meskipun para siswa sedang dalam liburan, mengunjungi tempat-tempat baru dan bertemu orang-orang baru selalu saja menarik apalagi kedatangan kami kali ini untuk Beasiswa Difabel yang sedang kami garap,ย Bumi Setara.

Berbeda dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri, di tempat ini, baik Taman Kanak-Kanak Susrusha maupun tingkat Sekolah Dasar yang baru menginjak kelas dua lebih memilih menggunakan Bisindo sebagai pengantar. Bisindo merupakan bahasa ibu teman-teman Tuli yang dibuat dan dipergunakan oleh mereka sendiri. Sementara SIBI yang selama ini digunakan di SLB dibuat oleh teman dengar dan diresmikan oleh pemerintah. Semangat dari penggunaan Bisindo adalah agar tidak ada satu pun mengenai teman-teman Tuli yang tidak melibatkan mereka.

Di Lumina kami disambut oleh Ibu Raka, ia bercerita banyak hal, mulai dari latar belakang Lumina hingga latar belakang perekonomian orangtua para siswa yang masih harus dibantu untuk menjadi sejahtera. Ibu Raka juga bercerita mengenai terapi di usia pra sekolah bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran sangat penting. Dibanding tahap berikutnya, tahap satu ini sebenarnya menentukan apakah si anak selanjutnya dapat mengembangkan potensi yang ada dengan baik terlepas dari keterbatasannya dalam mendengar dan atau bicara.

Bagaimanapun akses untuk pendidikan adalah hak bagi setiap anak. ๐Ÿ™‚

Berikut beberapa foto yang sempat diambil saat berkunjung ke Lumina.

128089
Ari sedang mencatat beberapa poin penting berkaitan dengan Bumi Setara.
128087
Ruang belajar di Taman Kanak-Kanak Susrusha.
128095
Area bermain sekaligus tempat memajang piala.
128093
Annika Linden Foundation atau kini yang dikenal sebagai Inspirasia Foundation.
Advertisements

One thought on “Lumina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s