Bahas Bahasa

Di satu sudut Kafe di Kawasan Denpasar sore ini, saya dan seorang teman cukup banyak bertukar pikiran. Satu yang menarik untuk saya bagikan adalah tentang bahasa. Bermula dari saya yang memberi tahu kalau dalam bahasa Indonesia penulisan yang benar adalah Idulfitri bukan Idul Fitri. (Selamat Idulfitri!)

“Jadi menurutmu kenapa kita harus belajar banyak bahasa?” saya bertanya sambil melipat tangan di atas meja. Kali ini saya melihatnya membawa buku bahasa Perancis. Dia memang terbiasa mempelajari bahasa secara otodidak.

“Kita tidak harus belajar banyak bahasa, tapi perlu belajar banyak bahasa.”

“Karena?”

“Karena harus atau perlu, semuanya memang kembali lagi pada kita, kan? Aku ingin melihat dunia lebih luas untuk itu paling tidak aku harus berbekal bahasa asing, minimal bahasa Inggris.”

“Bagaimana misalnya dengan bahasa Isyarat?” Saya mencoba menggali pendapatnya tentang bahasa dengan gerak.

Dia menggoyang-goyangkan kepalanya tanda berpikir. “Kalau kamu pikir itu perlu, maka pelajari.” Ia mengeluarkan agenda dan mulai menjelaskan dalam gambar, gaya khas-nya.

“Menurutku salah satu alasan kita belajar banyak bahasa adalah untuk memiliki jiwa yang lain. Kamu tahu? Dengan belajar bahasa isyarat misalnya, seseorang dapat memahami bagaimana dunia Tuli itu.” Saya yang kini mengungkapkan pendapat.

“Nah, hal yang persis sama juga berlaku untuk bahasa lain. Paling tidak dengan belajar Bahasa Inggris, kamu akan punya pola pemikiran global dan itu modal yang baik di masa kini. Sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris, tapi juga bahasa resmi PBB lainnya.”

“Aku setuju, yang membuat aku heran adalah sebagian orang mengaitkan inteligensi dengan kemampuan berbahasa inggris. Padahal kan tidak selalu begitu…”

“Hahahahaha!” Dia tertawa. Cuma itu.

Dan sungguh, tertawanya menyebalkan seperti biasa. Tapi saya tahu dibalik itu dia juga bersepakat dengan saya.

Notes: Thank you for being my buddy and good rival in same time.

*) Bahas Bahasa diambil dari judul lagu Barasuara. Video liriknya dapat dinikmati melalui youtube.

 

Leave a Reply

