Karena Akber

Hari ini, enam tahun yang lalu Akademi Berbagi lahir di Jakarta tanpa direncanakan untuk tumbuh dan besar. Maka kami menyebutnya sebagai ulang tahun. Meski sebenarnya yang kami rayakan adalah bagaimana konsistensi serta komitmen kami sendiri, sumber daya manusia-nya. Ulang tahun Akademi Berbagi kali ini mengusung tag line Spirit Recharge, iya karena kami manusia yang juga punya rasa lelah dan semangat itu harus dibakar kembali.

Usia kebersamaan saya dengan Akademi Berbagi dan Akademi Berbagi Bali memang belum enam tahun, sesuai genap usianya hari ini. Namun, saya adalah orang yang mempercayai nilai dan berharganya waktu bukan diukur oleh jam, hari, minggu, bulan dan tahun melainkan melalui momen yang dicipta dan tercipta. Untuk itu, saya punya beberapa alasan.

Karena Akber, saya semakin memaknai apa serta siapa saja yang ada di sekitar saya dan mengenali diri sendiri.

Kenyataannya, kita semua bisa berkontribusi tanpa harus menunggu kaya secara materi.

Karena Akber, saya belajar kesederhanaan, dimulai dari mencoba sederhana dalam ucapan dan besar dalam tindakan juga jiwa.

Kenyataannya memang lebih sulit untuk menjadi pribadi yang sederhana secara menyeluruh hingga mampu menerima dan menyerap masukan dengan baik, sederhana bukan hanya perkara materiil tapi juga immateriil.

Karena Akber saya membuktikan pendidikan itu sejatinya bebas juga membebaskan. Dilakukan dengan senang hati tanpa harus selalu tersekat formalitas.

Kenyataannya, banyak dari kita yang mengatasnamakan belajar dalam kelas maupun seminar hanya demi selembar sertifikat. Bukan karena kita memang mau belajar apalagi karena sudah tahu apa yang ingin kita pelajari.

Ulang tahun setiap orang tentu punya makna yang berbeda bagi satu sama lain, begitu juga ulang tahun Akber. Dan itu bukan masalah.

Terima kasih (relawan) Akber, mari bertumbuh bersama-sama. Mari membangun manusia dan Indonesia. Karena (memang) guru akan hadir ketika murid siap. Selamat ulang tahun, kita.

 pp

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s