Piknik

​Membangun cinta itu serupa berpiknik. Kita merencanakannya, memilih tempat ternyaman. Di Kebun-Pantai atau tepi Danau. Kita berbekal apa yang ingin kita makan-apa yang kita ingin jadi kita. Kita bisa membaca buku, sekadar melakoni permainan, bermain-main atau sekadar bercengkerama.

Membangun cinta itu serupa berpiknik. Kita merencanakannya, tapi musim dan cuaca bukan kuasa kita. Membangun cinta itu serupa berpiknik. Dibutuhkan ketangguhan untuk melewati semuanya.

Jadi, ada beberapa piknik berkesan dalam hidup saya. Saat di Taman Kanak-Kanak, saya pertama kalinya pergi ke Kebun Raya Bogor bersama orangtua, Odah (panggilan saya untuk Nenek) dan Pak De. Dalam ingatan saya, piknik kali itu diwarnai oleh hujan. Hujan-bukan gerimis seperti yang memang biasa turun di Bogor. 

Piknik berikutnya adalah piknik keluarga besar ke Kebun Raya Eka Karya Bedugul, kira-kira 13 tahun lalu -karena seingat saya beberapa adik sepupu saya saat itu bahkan masih Batita. Seluruh keluarga besar berkumpul, heboh karena banyak anak-anak dengan segala tingkah polah mereka. Jika saya bandingkan dengan masa sekarang ini, harus diakui akan sulit menemukan momen selengkap itu. Iya, tentu saja karena Pak De dan Odah saya juga telah berpulang.

Sore tadi saya piknik bersama Siska, Abie, Lena, Selvia dan Krisna di Pulau Serangan. Acara hari ini sebenarnya sudah kami susun sejak beberapa hari lalu dengan konsep potluck, jadi masing-masing dari kami membawa makanan. 

Saya yang berangkat dari arah berbeda sempat mengitari Pulau Serangan sebelum menemukan lokasi yang dimaksud. Ini pertama kalinya saya Piknik di Serangan. Walaupun demikian, secara keseluruhan saya menikmati Piknik hari ini, kami berbagi cerita dan berbagi makanan. Mulai dari hal yang penting, rencana-rencana selanjutnya hingga candaan receh.

Membangun cinta itu serupa berpiknik. Terkadang kita harus rela tersasar sampai menemukan sendiri. Mari piknik.

Leave a Reply

